Tips Menentukan Susu Formula Untuk Anak Terbaik

Tips Menentukan Susu Formula Untuk Anak Terbaik

ASI menjadi asupan susu terbaik untuk bayi. ASI mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk perkembangan anak. Bahkan ada beberapa kandungan nutrisi pada ASI yang tidak dapat ditemukan di makanan lain.

Saat ibu tidak bisa memenuhi ASI, susu formula untuk anak adalah pilihan terbaik. Nutrisi pada susu formula diharapkan bisa memenuhi asupan nutrisi agar tumbuh kembangnya menjadi optimal.

Saat ini banyak susu formula yang bisa dipilih. Tentu setiap susu punya kelebihan yang berbeda. Agar tidak salah pilih susu formula, berikut kami berikan tips untuk memilih susu formula.

1. Pilih susu sapi

Susu kedelai sangat populer untuk orang dewasa. Namun untuk anak-anak, disarankan memilih susu formula yang terbuat dari susu sapi biasa.

Umumnya, pencernaan anak sangat mentolerir pemberian susu sapi. Sehingga susu sapi sangat cocok diberikan secara rutin kepada anak.

Kandungan susu sapi juga lebih kompleks dibanding jenis susu lainnya. Misalnya kandungan tinggi kalsium yang sangat bagus untuk pencernaan, pertumbuhan tulang dan kecerdasan anak.

2. Susu kedelai

Jika anak tidak suka dengan susu sapi, maka pilihan terbaik adalah berganti ke susu kedelai. Namun ingat, disarankan berhati-hati saat memberikan susu formula berbahan dasar kedelai kepada anak.

Mengingat protein pada kedelai mempengaruhi hormon pada anak. Perhatikan juga apakah anak punya alergi terhadap susu kedelai atau tidak.

Tandanya, muncul ruam pada sekujur tubuh anak hingga bayi kembung. Jika anak mengalami masalah seperti ini, hentikan pemberian susu formula kedelai pada anak.

3. Lihat komposisi proteinnya

Jangan lupa baca kompisisi protein di dalam susu kedelai tersebut. Protein yang disarankan untuk anak adalah protein Whey. Ini adalah jenis protein yang sangat penting bagi anak-anak.

Namun perhatikan juga kandungan casein di dalam susu formula tersebut. Pastikan kedua bahan tersebut memiliki rasio yang pas. Whey harus lebih tinggi dibanding casein.

Untuk rasionya bisa 60 : 40 untuk keunggulan Whey. Rasio tersebut sangat mirip dengan kandungan ASI yang sering diberikan kepada anak-anak.

4. Pilih sesuai umur

Saat ini produk susu formulir sudah diformulasikan sesuai umur anak. Kami sarankan memilih susu berdasarkan umur anak kalian.

Misalnya, jika anak berumur 2 tahun, pilihlah susu formula yang digunakan untuk anak umur 2 tahun. Begitu juga jika anak berusia di bawah 1 tahun, berikan susu untuk anak di bawah 1 tahun.

Tujuannya supaya anak mendapat asupan seperti yang ia butuhkan. Untuk melihat umur yang disarankan pada anak, lihat di bagian label susu. Umumnya, informasi mengenai usia tersedia di label susu.

Ingat, susu formula untuk anak hanya disarankan sebagai pendamping ASI saja. Untuk asupan utama, ASI tetap menjadi yang terbaik untuk diberikan.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.